Jumat, 17 Januari 2014

7 Alasan PlayStation 3 Masih Akan Tetap Bertahan di Pasaran

Meskipun PlayStation 4 (PS4) sebentar lagi dirilis, masih banyak gamer yang berminat untuk membeli atau baru saja membeli PlayStation 3 (PS3). Hal ini tidak mengherankan, karena di usianya yang sudah cukup tua saja, PS3 masih memberikan kepada gamer kepuasan luar biasa melalui game-game berskala besar di tahun ini seperti Grand Theft Auto VThe Last of Us,Beyond: Two Souls, dan Ni no Kuni: Wrath of the White Witch. Oleh karena itu di artikel ini, Games in Asia akan memberikan kamu 7 alasan kenapa PS3 masih akan terus bertahan sampai beberapa tahun ke depan.

1. Belajar dari pendahulu

Jika kita mencoba memperhatikan umur dari konsol-konsol generasi sebelumnya, jelas sekali nampak bahwa di saat konsol baru muncul di pasaran, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengubur konsol dari generasi sebelumnya. Contoh paling dekat bisa di lihat dari hubungan antara PS3 dengan PS2, meskipun PS3 dirilis pada tahun 2006, tapi game terakhir yang dirilis untuk PS2, FIFA 14, baru keluar September 2013 lalu. Hal tersebut jelas membuktikan bahwa sebuah konsol tidak akan mati dengan mudahnya hanya karena penerusnya sudah muncul.

2. Tua-tua keladi, semakin tua semakin menjadi

Oke, judul kategori ini agak sedikit konyol, tapi sangat tepat dengan karakteristik konsol-konsol yang selama ini ada. Pada pembukaan artikel ini saya menyebutkan bahwa pada tahun 2013 saja PS3 kebagian beberapa judul game kelas atas. Itu baru dilihat dari game kelas AAA, jika kita juga memperhatikan perkembangan game indie, masih banyak game yang cukup menjanjikan yang akan keluar untuk mesin hitam Sony ini sampai tahun depan.
Jika kita melihat dari generasi sebelumnya pun ada pola yang cukup menarik. Contoh pertama bisa dilihat pada era SNES, dua game yang banyak dianggap sebagai RPG terbaik sepanjang masa, Final Fantasy VI dan Chrono Trigger, dirilis pada waktu yang tidak jauh berbeda dengan waktu perilisan PlayStation pertama. Setelah itu kejadian yang mirip terulang lagi setelah perilisan PS2, game Final Fantasy terakhir untuk PlayStation (yang kebetulan merupakan game favorit saya), Final Fantasy IX, dirilis beberapa bulan setelah PS2 keluar. Kejadian yang sama terulang lagi pada akhir era PS2 dengan dirilisnya Persona 4 yang menerima review yang luar biasa bagus, hal ini cukup spektakular karena game ini dirilis hampir 2 tahun setelah PS3 dirilis.

3. Developer mencari pasar yang lebih ramai

That's 1 Billion USD inside the bag.
That’s 1 Billion USD inside the bag.
Saat Grand Theft Auto V diumumkan akan dirilis di PS3 dan Xbox 360 dua bulan sebelum konsol generasi baru rilis, banyak orang yang keheranan. Mereka berargumen bahwa game ini bisa lebih dimaksimalkan potensinya seandainya mendapat dukungan hardware dari konsol next-gen. Meskipun begitu, pilihan Rockstar untuk merilis Grand Theft Auto V di konsol yang sudah ada sekarang merupakan pilihan yang tepat. Jika mereka tidak merilis game ini di konsol yang sudah berumur tua, tentunya mereka tidak akan dapat memecahkan rekor penjualan sebesar 1 Milyar USD pada hari ketiga setelah perilisan dan memecahkan 7 rekor dunia hanya dalam waktu sebulan.
Kejadian yang menimpa Grand Theft Auto V ini hanyalah satu contoh saja, tentu saja Rockstar bukanlah satu-satunya yang berpikir seperti ini. Kesuksesan Grand Theft Auto V juga bisa jadi menginspirasi developer lain untuk memprioritaskan development game ke generasi sekarang daripada next-gen. So, kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan game baru untuk PS3 kamu.

4. Multiplatform lintas generasi merajalela

Multiplatform Cross-gen | FeaturesBanyaknya developer yang membuat game mereka untuk multiplatform lintas generasi sangatlah mencengangkan. Jika kamu sudah melihat daftar game-game yang akan dirilis untuk PS4, kamu akan melihat nama-nama besar seperti Assassin’s Creed IVWatch Dogs,Battlefield 4Call of Duty: Ghosts. Game-game besar yang saya sebutkan tadi juga dirilis untuk PS3 dengan perbedaan yang minor, jadi  jangan takut game versi PS3 akan berbeda jauh dari versi yang dirilis untuk PS4.

5. Library game yang masih banyak

Oke, selama 7 tahun sepak terjang PS3 di industry video game, ribuan game telah dirilis untuk PS3. Diantara ribuan game tersebut, mungkin ada beberapa ratus yang merupakan judul-judul tidak penting yang hanya menghabiskan waktu saja untuk dimainkan. Tapi ada juga ratusan game yang sangat berharga untuk dimainkan, dan saya yakin jumlah waktu yang diperlukan untuk memainkan game-game berharga dari PS3 itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu sampai 10 tahun ke depan. Kecuali kalau kamu berniat untuk berhenti bekerja atau sekolah dan mendedikasikan 20 jam sehari untuk bermain game.

6. Price cut will save the day

Yup, dengan rilisnya konsol baru, tidak mengherankan jika konsol pendahulunya akan mengalami pemotongan harga. Potongan harganya tentu saja tidak akan terjadi secara langsung, tapi saya rasa dalam waktu 1 tahun, atau paling lambat 2 tahun, PS3 akan mengalami pemotongan harga. Saat ini banyak orang yang sangat berminat untuk membeli PS3 tapi masih menganggap PS3 terlalu mahal untuk sekarang. Dengan bertambahnya pengguna PS3 setelah pemotongan harga, sudah pasti Sony tidak akan dengan langsung memotong support untuk PS3.

7. Janji Sony kepada fans

That's the promise
That’s the promise
Pada pertengahan 2013 kemarin, Hiroshi Kawano, presiden dari Sony Japan, mengatakan bahwa Sony tidak akan langsung memutus support terhadap PS3 begitu saja. Penjualan yang stabil serta banyaknya game yang akan dirilis membuat PS3 masih populer di kalangan gamer. So, jika Sony sendiri sudah berjanji, tentu saja kamu tidak perlu khawatir dengan nasib PS3.
Nah, setelah membaca daftar di atas, apakah kamu masih ragu dengan nasib PS3? Jika memang iya, utarakan saja alasan kamu di bagian komen di bawah.

0 komentar:

Posting Komentar

DAPAT CONSOLE GRATIS DISINI

Get a Free Xbox 360 from Xpango - click here