Selasa, 25 Februari 2014



Perkembangan industri game dunia saat ini telah memasuki era baru. Kondisi ini ditandai dengan dirilisnya dua konsol game generasi terbaru, PlayStation 4 dan Xbox One. Selain itu, tren game online pun menjadi fenomena tersendiri di industri game.

Salah satu tokoh pencipta konsol game legendaris Atari, Nolan Bushnell, dalam sebuah wawancara khusus dengan Mashable mengungkapkan pandangannya terhadap industri game saat ini. Ia juga mengungkapkan perbedaan video gamezaman dahulu dengan zaman modern seperti sekarang ini.

Menurutnya, yang menjadi kunci pembeda video game jadul dan video game modern adalah tingkat kerumitannya. Nolan berpendapat saat ini banyak video game yang diciptakan dengan sistem yang begitu kompleks dan luas.

Hal ini sungguh berbeda dengan sebuah judul video game yang hadir di era 70 hingga 80-an. Saat itu, jelas Nolan, para pengembang game justru berusaha menghadirkan gameplay yang simpel dan mudah dimengerti oleh gamer. Hal ini dilakukan agar gamer mudah mengerti cara bermain, bahkan cepat mahir dalam memainkannya.

Selain itu, teknologi di masa lalu juga belum mampu mengahdirkan gameplaybeserta world (lingkuang game) yang begitu rumit dan luas. Terlebih untuk urusan grafis.

"Teknologi tidak memungkinkan kerumitan dan kualitas pada gameplay di masa lalu. Esensi dari gameplay dalam banyak video game saat itu adalah sederhana tanpa ambiguitas," ungkap Nolan. (dhi)

0 komentar:

Posting Komentar

DAPAT CONSOLE GRATIS DISINI

Get a Free Xbox 360 from Xpango - click here