Rabu, 26 Februari 2014



Bagi seorang gamer, tidak ada kegiatan yang lebih menyenangkan selain memainkan game-game berkualitas tinggi. Tidak lagi sekedar sebuah hobi, video game tumbuh menjadi semacam rutinitas, ritual yang tidak mungkin terlewatkan. Namun seperti kata-kata bijak yang sudah seringkali kita dengar, apapun yang berlebihan selalu menghasilkan efek yang buruk, bahkan termasuk bermain game sekalipun. Beberapa penelitian mengkhawatirkan adikisi, kegemukan, dan isolasi dari lingkungan sosial sebagai akibat negatif darinya. Namun sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Flinders University menunjukkan efek buruk lainnya dari bermain game, terutama ketika Anda melakukannya sebelum tidur malam. Ia dapat membuat tidur Anda terganggu!
Dari penelitian yang dilakukan dengan 17 subjek penelitian di Lab Tidur Flinders University, psikologis yang menangani masalah tidur – Dr. Michael Gradisar dan mahasiswa master-nya – Daniel King menemukan bahwa video game ternyata berefek buruk pada remaja, terutama terkait waktu tidur mereka. Diminta untuk memainkan game-game action cepat penuh kekerasan selama 50-150 menit sebelum tidur, dan dari analisa data yang ada, penelitian ini memperlihatkan waktu tidur gamer yang menjadi kacau. Mereka akan butuh 39 menit lebih lama untuk dapat tertidur lelap dan kehilangan ekstra 27 menit dari waktu total tidur. Ketika berada di luar lab, subjek-subjek ini masih mengalami gangguan tidur yang diindikasikan lewat frekuensi terbangun yang lebih sering.
Sleep? Who need sleep? SLEEP IS FOR THE WEAK!!


Bagaimana dengan Anda yang gamer? Apakah bermain game sebelum tidur membuat Anda lebih sulit tidur atau tidak segar setelah bangun? Namun, ada yang satu hal yang mungkin dilupakan oleh penelitan yang satu ini. Ketika gamer mulai terlibat dengan segudang game-game yang adiktif, tidur bahkan tidak lagi menjadi faktor yang terkadang diperhatikan. Siapa yang butuh tidur ketika Anda mampu menghabiskan menit untuk mencari level, berburu loot, atau sekedar bermain bersama dengan teman seperjuangan? Sleep is for the weak!!

0 komentar:

Posting Komentar

DAPAT CONSOLE GRATIS DISINI

Get a Free Xbox 360 from Xpango - click here