Rabu, 26 Februari 2014



Penantian yang sudah terlewat lama, kalimat yang satu ini tampaknya tepat untuk menggambarkan apa yang sempat terjadi di industri game selama kurun waktu delapan tahun terakhir. Terlepas dari serangkaian game keren dan luar biasa yang lahir di periode-periode akhir generasi, konsol sekelas Plasytation 3, Xbox 360, dan Wii memang tidak pernah bisa memfasilitasi kebutuhan developer karena teknologi lawas yang mereka usung. Tidak hanya mempengaruhi industri game konsol sendiri, fakta ini juga membuat banyak game port PC yang tidak memaksimalkan setiap komponen yang ada. Di bulan November 2013 yang silam, tren ini secara otomatis berubah. Generasi gaming yang baru akhirnya lahir, setelah Sony dan Microsoft memperkenalkan konsol next-gen mereka masing-masing. Untuk Sony, harapan kompetisi baru ini terletak di pundak satu nama – Playstation 4.
Anda yang sempat membaca preview kami sebelumnya tentu saja sudah memiliki sedikit gambaran apa yang ditawarkan oleh konsol terbaru yang satu ini. Secara fisik, Playstation 4 memang menawarkan kesan yang cukup elegan dan futuristik. Bentuk yang secara mengejutkan, terhitung compact dengan sisi jajar genjang yang unik menutupi kemampuan hardware yang saat ini memang diklaim, sebagai yang terbaik di peta persaingan konsol next-gen. Tidak hanya menawarkan game-game rilis perdana yang memang ditujukan untuk membuktikan kemampuan si konsol itu sendiri, Sony juga menyuntikkan beragam fitur baru untuk mendefinisikan generasi gaming yang baru. Berhasil atau tidak semua hal ini membentuk identitas yang baru untuk Playstation 4? Ini tentu menjadi pertanyaan terbesar.
Lantas apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Playstation 4? Apa saja yang membuatnya pantas disebut sebagai awal dari generasi gaming yang baru?

Spesifikasi Lengkap

Dengan spesifikasi hardware yang ia tawarkan, Playstation 4 saat ini diklaim merupakan platform dengan raw power terkuat di antara konsol next-gen.
Kompetisi antara platform generasi terbaru kini memang menjadi ladang pertarungan untuk tiga nama besar – Sony, Microsoft, dan Nintendo, yang masing-masing menawarkan jajaran produk konsol mereka sendiri. Terlepas dari nilai jual dan game-game eksklusif yang mereka usung untuk menarik perhatian gamer sebagai calon konsumen, setiap konsol ini tentu dibangun dengan beragam komponen dan desain teknologi spesifik untuk memastikan diri mampu menyamai performa PC dan memfasilitasi kebutuhan para developer untuk game-game yang jauh lebih kompleks. Di antara ketiga konsol, Playstation 4 memang diakui merupakan platform dengan spesifikasi terkuat saat ini, dengan kemampuan untuk menawarkan game dalam resolusi penuh dari framerate paling nyaman.
Lantas, seperti apa spesifikasi yang ditawarkan oleh konsol teranyar Sony ini? Berikut adalah spesifikasi lengkap yang ada:

Gambaran Performa

Satu-satunya cara untuk melihat seberapa signifikan peningkatan performa yang ditawarkan oleh sebuah konsol baru, adalah dengan melihat kualitas game yang ia tawarkan di awal rilis. Dengan kemampuan yang jauh lebih kuat, Playstation 4 tentu harus menawarkan kualitas game yang jauh lebih baik, terutama di sisi visual. Mengejar ketertinggalan dari kualitas yang bisa dihasilkan PC selama beberapa tahun terakhir ini, tugas ini memang terhitung mampu dieksekusi dengan sangat baik oleh Playstation 4. Game sekelas Killzone: Shadow Fall dan RESOGUN menjadi game first party yang memperlihatkan potensi visual yang mampu dicapai Playstation 4, dengan peningkatan kualitas yang tentu signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sementara untuk game third party, NBA 2K14 menjadi yang paling memesona

Killzone: Shadow Fall

Killzone - Shadow Fall SP (118)
Selain berjalan di resolusi penuh, Playstation 4 masih tetap mampu menjalankan game ini di framerate yang stabil, terutama ketika Anda terlibat di mode multiplayer yang ada.

Contrast

Contrast
Tidak ada perubahan yang signifikan antara versi Playstation 4 dan PC. Berjalan di resolusi dan framerate terbaik.

RESOGUN

RESOGUN (79)
RESOGUN mungkin menawarkan genre klasik yang kian lama dilupakan, namun kualitas visual yang ditawarkan mampu mewakili konsep next-gen yang ada. Dengan hujan partikel di sana-sini, Playstation 4 menawarkan game ini berjalan di resolusi 1080p dan 60 FPS.

NBA 2K14

NBA 2K14
Dari semua game third party yang berada di pasaran saat ini, NBA 2K14 menjadi bukti ketangguhan platform next-gen: Playstation 4 dan Xbox One. Menggunakan engine eksklusif – Eco Motion yang tidak diterapkan di PC dan konsol generasi sebelumnya, kualitas visual dan detail yang ditawarkan game olahraga yang satu ini memang pantas untuk diacungi jempol.

Desain dan Fitur

The Console

Desain bentuk yang tidak konvesional dan minimalis, Playstation 4 terlihat elegan.
Desain bentuk yang tidak konvesional dan minimalis, Playstation 4 terlihat elegan.
Elegan akan menjadi kata pertama yang Anda lontarkan ketika melihat Playstation 4 secara langsung. Dibungkus dengan warna hitam dan bentuk yang terhitung tidak konvensional untuk sebuah konsol, Playstation 4 menawarkan desain yang cocok untuk ditempatkan di ruang bermain Anda – bahkan untuk sekelas ruang tamu sekalipun. Jika melihat tema yang ingin diusung oleh Sony, mereka tampaknya mengandalkan desain yang minimalis untuk menghasilkan kesan futuristik yang lebih kentara. Hampir semua port yang Anda butuhkan di depan tersembunyi dengan baik di sela-sel adesain yang ada, dari blu-ray drive hingga slot USB 3.0 di bagian depan. Tidak hanya itu saja, dua tombol eject dan power juga dibentuk kecil dan hampir tidak terlihat, yang untungnya, bisa diaktifkan dengan hanya sedikit sentuhan.
Satu yang menarik dari Playstation 4 adalah hadirnya sebuah lampur indikator tegak lurus yang membelah konsol itu sendiri. Tidak hanya sekedar estetika, lampu ini dihadirkan sebagai indikator beragam proses yang tengah terjadi di Playstation 4 Anda saat ini. Sebagai contoh? Ia akan berwarna biru ketika mulai booting, putih ketika Anda memainkan game yang ada, dan kembali berwarna orange ketika berada dalam mode standby. Dengan indikator seperti ini, Anda akan tahu apakah Playstation 4 Anda bekerja dengan semestinya atau tidak.
Sebuah lampu kecil berada di tengah Playstation 4, menjadi indikator proses yang tengah berjalan di konsol yang satu ini.
Sebuah lampu kecil berada di tengah Playstation 4, menjadi indikator proses yang tengah berjalan di konsol yang satu ini.
Semua port yang Anda butuhkan terletak di bagian belakang konsol, dengan dua ekstra slot USB 3.0 di bagian depan.
Semua port yang Anda butuhkan terletak di bagian belakang konsol, dengan dua ekstra slot USB 3.0 di bagian depan.
Tidak hanya unik, bentuk ini juga membuat Playstation 4 digunakan dalam posisi baring maupun berdiri.
Tidak hanya unik, bentuk ini juga membuat Playstation 4 digunakan dalam posisi baring maupun berdiri.
Dengan sebagian besar ruang didesain sebagai exhaust untuk melepas udara panas dari dalam konsol, Sony memang tidak punya banyak pilihan selain menempatkan semua port yang dibutuhkan gamer di bagian belakang Playstation 4 ini. Anda akan menemukan slot HDMI sebagai port display utama (tenang saja, Sony juga menyertakan sebuah kabel HDMI 2.0 dalam paket penjualan), Ethernet port, dan port AUX di dalamnya untuk memfasilitasi kebutuhan gaming Anda yang lain. Sementara untuk Anda yang tidak memiliki kabel ethernet, Playstation 4 juga mendukung kemampuan konektivitas secara wi-fi untuk terhubung dengan internet. Desain jajargenjang yang ia tawarkan tidak hanya membuat tampilan Playstation 4 unik, tetapi juga membuatnya lebih mudah digunakan secara vertikal untuk Anda yang memang lebih senang dengan konsol yang berdiri tegak.
Sejak awal perkenalannya, Sony sendiri juga sudah menegaskan bahwa Playstation 4 akan menjadi satu-satunya konsol saat ini yang memudahkan Anda untuk mengganti storage yang ada. Dan mereka benar-benar membuktikan hal tersebut. Bukan sesuatu yang sulit untuk mengganti storage bawaan Playstation 4 ini, apalagi jika Anda memang lebih tertarik menyuntikkan SSD untuk performa yang jauh lebih cepat.
Tidak perlu lagi harus memastikan konsol dalam kondisi hidup ketika Anda ingin mengunduh atau mengunggah konten tertentu. Anda bisa melakukannya dalam mode standby Playstation 4.
Tidak perlu lagi harus memastikan konsol dalam kondisi hidup ketika Anda ingin mengunduh atau mengunggah konten tertentu. Anda bisa melakukannya dalam mode standby Playstation 4.
Tambahan fitur yang menarik dari Playstation 4 adalah Standby Mode. Tidak lagi sekedar membawa konsol ini ke dalam mode “istirahat”, Sony kini memungkinkan beragam aktivitas yang berjalan di belakang Playstation 4 tetap berlanjut, bahkan ketika Anda tengah mengunduh game secara digital, mengupload gambar, atau sekedar menambahkan DLC dari PSN store. Semua proses unduhan ini tetap akan terus berlanjut bahkan ketika Anda “mematikan” Playstation 4 ini.

The Controller

Dualshock 4 hadir dengan begitu banyak perbaikan yang signifikan.
Dualshock 4 hadir dengan begitu banyak perbaikan yang signifikan.
Jika kita membicarakan salah satu improvement terbaik yang disuntikkan Sony di konsol terbarunya ini, maka penghargaan itu pantas untuk diarahkan pada desain kontroler baru mereka – Dualshock 4. Bagi gamer yang sempat mencicipi Playstation 3, Dualshock 3 memang bukan kontroler yang terhitung ergonomis, apalagi jika Anda ingin memainkan game-game yang membutuhkan eksekusi dua tombol trigger – LT dan RT secara frekuentif. Karena kelemahan inilah, desain kontroler Xbox 360 begitu dipuja dna digunakan secara lintas platform. Untungnya, Sony belajar banyak dari hal ini. Selain menyuntikkan beberapa fitur yang diadaptasikan di dalamnya, desain yang ditawarkan Dualshock 4 menjadi salah satu yang diimpikan gamer Sony selama ini.
Jauh lebih panjang dibandingkan versi sebelumnya, Dualshock 4 menawarkan grip gaming yang jauh lebih bisa diandalkan. Anda akan punya ruang yang cukup besar untuk menggenggam kontroler ini dengan nyaman. Perubahan yang cukup signifikan juga disuntikkan di bagian analog yang kini terasa lebih responsif dan “berat”, tidak lagi licin dan sulit dikendalikan seperti versi sebelumnya. Untuk Anda yang khawatir bahwa kontroler ini tetap tidak akan nyaman untuk game first person atau third person shooter, Anda boleh berlega hati. Sony menyuntikkan tombol LT + RT yang kini lebih terasa “Xbox 360”, dengan posisi yang tidak terlalu keluar dari jalur kontroler dan nyaman untuk ditekan. Anda bisa merasakan feedback yang lebih kentara dari mekanisme trigger yang baru ini. Untuk urusan desain kontroler, Sony memang melakukan tugas yang sangat baik di Dualshock 4.
Bagian analog dan triggernya kini jauh lebih responsif dan nyaman digunakan dibandingkan generasi sebelumnya.
Bagian analog dan triggernya kini jauh lebih responsif dan nyaman digunakan dibandingkan generasi sebelumnya.
Bagian tengah Dualshock 4 memuat area touchpad, yang potensial, walaupun belum terlihat signfikan saat ini.
Bagian tengah Dualshock 4 memuat area touchpad, yang potensial, walaupun belum terlihat signfikan saat ini.
Satu yang menarik, Dualshock 4 tidak lagi memuat tombol Start-Select, yang kini digantikan oleh Options dan Share.
Satu yang menarik, Dualshock 4 tidak lagi memuat tombol Start-Select, yang kini digantikan oleh Options dan Share.
Namun bukan sekedar desain ergonomi yang membuat kontroler ini semakin menarik. Kenyamanan di tangan juga diperkuat dengan serangkaian inovasi yang disuntikkan oleh Sony di dalamnya. Salah satu yang paling kentara? Tentu saja kehadiran ruang touch pad besar yang kini memakan ruang tengah Dualshock 4 sendiri. Walaupun fungsinya sendiri masih belum terhitung signifikan ketika navigasi atau di game yang hadir saat ini, namun touch pad ini mengandung potensi yang besar untuk dimanfaatkan di masa depan. Perubahan yang lain adalah hilangnya tombol Start – Select, yang kini digantikan oleh dua tombol kecil – Share dan Options. Options berfungsi tak ubahnya tombol start di kontroler sebelumnya, sementara Share – memang ditujukan untuk berbagi konten game yang tengah Anda mainkan secara instan. Inovatif memang, tetapi menyisakan sedikit masalah. Ukuran tombol Share – Options yang terlalu kecil membutuhkan waktu adaptasi tersendiri ketika Anda berusaha mengaksesnya. Tidak jarang Anda justru akan tidak sengaja menekan tombol touch pad ketika berusaha menangkap momen gaming seru Anda dalam bentuk screenshot.
Seperti yang dilakukan Nintendo di Wii, Dualshock 4 juga memuat sebuah speaker kecil di tengah untuk menghasilkan ilusi ruang tiga dimensi ketika bermain game.
Seperti yang dilakukan Nintendo di Wii, Dualshock 4 juga memuat sebuah speaker kecil di tengah untuk menghasilkan ilusi ruang tiga dimensi ketika bermain game.
Lewat port jack di bagian bahwa kontroler, Anda bisa menyematkan perangkat audio apapun di sana. Jika perangkat audio Anda juga mendukung mic, Anda bisa mengakses voice command Playstation 4 secara otomatis.
Lewat port jack di bagian bahwa kontroler, Anda bisa menyematkan perangkat audio apapun di sana. Jika perangkat audio Anda juga mendukung mic, Anda bisa mengakses voice command Playstation 4 secara otomatis.
Salah satu desain lain yang ditambahkan oleh speaker. Seperti konsep yang pernah disuntikkan Nintendo di Wii, speaker kecil ini memang ditujukan untuk mengeluarkan sound effect tertentu dari dalam game. Tujuannya? Menghadirkan ilusi ruang dimensi yang lebih kentara. Implementasi suara ini sendiri sudah terlihat di Killzone: Shadow Fall ketika Anda mengambil audio log tercecer, atau ketika Anda memulai pertempuran di salah satu dunia RESOGUN. Suara yang cukup jernih dan keras mampu keluar dari speaker kecil. Bagian terbaik dari Dualshock 4 ini? Tentu saja kehadiran sebuah port jack 3.5 mm yang bernaung di bagian bawah kontroler. Anda bisa memasang headset 3.5 favorit Anda ke Dualshock 4 dan otomatis mendapatkan ruang gaming yang lebih personal. Jika headset Anda juga memiliki mic? Anda juga akan bisa mengakses voice command Playstation 4 secara langsung. Tidak perlu bantuan PS Camera, Anda bisa memerintah Playstation 4 hanya dengan menggunakan suara via headset ini. Ingat, Sony juga menyediakan sebuah headset mono dalam bundle, hingga Anda bisa mencoba fitur ini sejak hari pertama.

Satu masalah yang juga terselesaikan? Anda kini tidak perlu lagi repot untuk menghidupkan Playstation 4 Anda hanya untuk sekedar mengisi baterai Dualshock 4 itu sendiri. Berkat teknologi USB 3.0 yang diusung konsol ini, Anda bisa tetap mengecas baterai yang ada ketika Playstation 4 berada dalam kondisi standby.What a pleasure..


The User-Interface

User-interface Playstation 4 terbagi ke dalam dua bagian besar - yang berhubungan dengan game dan yang tidak.
User-interface Playstation 4 terbagi ke dalam dua bagian besar – yang berhubungan dengan game dan yang tidak.
Lebih rapi dan mudah dimengerti, Sony juga menyuntikkan sebuah user-interface baru untuk Playstation 4. Berbeda dengan XMB Playstation 3 yang hadir dalam bentuk ikon kecil dan padat dari segi kuantitas, Sony membagi layer menu Playstation 4 ke dalam dua kategori besar – game dan others. Ketika mulai menghidupkan konsol yang satu ini, Anda akan langsung dihadapkan pada barisan menu game – yang akan memperlihatkan game-game terakhir yang Anda mainkan dan update berita terakhir terkait game-game ini. Dengan ikon-ikon raksasa yang dihadirkan, bukan perkara sulit untuk menguasai navigasi di Playstation 4. Di bagian “What’s New”, tak ubahnya media sosial seperti Facebook dan Twitter, Anda bisa melihat aktivitas terakhir yang dilakukan oleh teman Anda yang lain, sekaligus disuguhkan dengan beragam promo dari Sony sendiri.
Di bagian "What's New" - Anda bisa melihat promo dan aktivitas yang dilakukan oleh teman PSN yang lain.
Di bagian “What’s New” – Anda bisa melihat promo dan aktivitas yang dilakukan oleh teman PSN yang lain.
Browsing game-game yang compatible dengan Playstation 4 kini juga lebih mudah.
Browsing game-game yang compatible dengan Playstation 4 kini juga lebih mudah.
Anda juga bisa melihat game-game apa saja yang akan hadir dalam beberapa bulan ke depan.
Anda juga bisa melihat game-game apa saja yang akan hadir dalam beberapa bulan ke depan.
Browsing? Why not!
Browsing? Why not!
Berbagai menu setting untuk pengaturan yang lebih esensial, termasuk data dan storage, juga mudah dipahami.
Berbagai menu setting untuk pengaturan yang lebih esensial, termasuk data dan storage, juga mudah dipahami.
Sementara di layer kedua menu, yang bisa Anda akses dengan menekan tombol ke atas, Anda akan berhadapan dengan semua fitur opsi ekstra di luar aktivitas gaming Anda sendiri. Anda bisa menetapkan akun PSN utama Anda, mengubah beragam opsi esensial yang berhubungan dengan aktivitas gaming Anda, dan tentu saja berinteraksi dengan semua teman PSN yang tengah online.  Di menu “Notifications”, Anda juga melihat data seperti apa yang tengah Anda unduh atau unggah, apakah update dari game terbaru yang tengah Anda mainkan, atau sekedar dari sinkronisasi save data ke cloud. Semuanya bisa Anda temukan di sini. Dengan menu yang terkategorisasi dengan sangat baik, bukan perkara sulit untuk menemukan apa yang Anda butuhkan di Playstation 4.

It’s a “Social” Console

Kehadiran tombol "Share" inilah yang mengubah cara berinteraksi di Playstation 4.
Kehadiran tombol “Share” inilah yang mengubah cara berinteraksi di Playstation 4.
Lantas apa yang membuat cita rasa Playstation 4 sebagai sebuah konsol next-gen terasa jauh lebih kuat, di luar peningkatan performa yang memang terasa lebih signifikan? Jawabannya terletak pada statusnya yang tidak hanya sekedar sebuah “konsol gaming”, tetapi juga perangkat media sosial untuk berbagi beragam konten yang tengah Anda nikmati bersama dengan yang lain. Kehadiran tombol Share yang tersemat di Dualshock 4 memperlihatkan intensi jelas dari Sony untuk membuat Playstation 4 jauh lebih “interaktif”,tentu saja di kalangan para penikmatnya. Anda bisa melihat aktivitas yang tengah dilakukan oleh teman PSN yang lain, sekaligus ikut bergabung bermain bersama jika Anda memang memiliki game yang sama.
Dengan menekan tombol ini, Anda bisa menangkap gambar dari permainan yang tengah Anda mainkan atau membuat video berdurasi 15 menit sebelumnya, dari waktu Anda menekan tombol Share tersebut.
Dengan menekan tombol ini, Anda bisa menangkap gambar dari permainan yang tengah Anda mainkan atau membuat video berdurasi 15 menit sebelumnya, dari waktu Anda menekan tombol Share tersebut.
Ingin sedikit bernasis-ria? Anda tinggal menahan tombol Share yang ada, dan voila! Anda bisa berbagi konten video dan gambar yang baru Anda tangkap via situs media sosial besar - Facebook dan Twitter.
Ingin sedikit bernasis-ria? Anda tinggal menahan tombol Share yang ada, dan voila! Anda bisa berbagi konten video dan gambar yang baru Anda tangkap via situs media sosial besar – Facebook dan Twitter.
Pernahkah Anda merasa bahwa aksi yang baru saja Anda lakukan di dalam game, adalah salah satu aksi terbaik yang pernah Anda lakukan, dan akan lebih keren jika bisa dibagikan ke teman yang lain? Sesederhana menekan tombol Share, Anda bisa melakukan hal tersebut. Anda bisa menangkap screenshot secara langsung, yang otomatis akan disimpan berdasarkan kategori di storage atau bahkan menangkap video permainan Anda selama 15 menit sebelum Anda menekan tombol share tersebut. Semua video dan gambar yang berhasil tangkap bisa Anda bagi secara langsung dari Playstation 4, tentu saja menggunakan akun Facebook atau Twitter Anda. Sayangnya, Sony tidak memungkinkan penggunaan external storage di Playstation 4, yang berarti menihilkan potensi Anda bisa mengambil semua gambar dan video ini dalam bentuk data mentah.
Namun tidak hanya berbagi video atau gambar, Anda bahkan bisa menciptakan siaran gaming Anda sendiri.
Namun tidak hanya berbagi video atau gambar, Anda bahkan bisa menciptakan siaran gaming Anda sendiri.
Berlaku sebaliknya, Anda juga bisa melihat siaran live gaming dari user yang lain lewat sebuah tampilan sederhana.
Berlaku sebaliknya, Anda juga bisa melihat siaran live gaming dari user yang lain lewat sebuah tampilan sederhana.
Kesempatan untuk berinteraksi via chat juga dihadirkan.
Kesempatan untuk berinteraksi via chat juga dihadirkan.

Anda tidak hanya bisa menangkap gambar dan video, serta membagikannya lewat akun media sosial utama Anda, tetapi juga menciptakan broadcast gameplay Anda sendiri secara live. Benar sekali, Anda bisa membuat siaran gaming Anda sendiri via Playstation 4 dan memperlihatkan kepada seluruh dunia apa yang tengah Anda mainkan. Proses yang sama juga bersifat berkebalikan. Ini berarti Anda juga bisa menikmati siaran langsung dari gamer Playstation 4 di seluruh dunia, lengkap dengan kesempatan untuk berinteraksi via chat. Ini menjadi kesempatan terbaik bagi Anda yang berencana untuk membeli game tertentu untuk menyaksikan sendiri sensasi dan kualitas yang ditawarkan olehnya, tentu saja via fitur yang satu ini.Everything, live from Playstation.


Apakah Saya Harus Membeli Playstation 4 Sekarang?

Haruskah Anda membeli Playstation 4 sekarang?
Haruskah Anda membeli Playstation 4 sekarang?
Sebagian besar dari Anda yang sudah membaca bagian-bagian review kami di atas tentu akhirnya akan jatuh pada satu pertanyaan besar, apakah saat ini menjadi momen yang tepat untuk membeli Playstation 4? Apalagi dengan dukungan Sony Indonesia yang akhrinya secara resmi merilis konsol ini untuk publik gamer Tanah Air. Karena jujur saja, dengan range harga jual sekitar Rp 6,8 juta – Rp 7,4 juta, Playstation 4 bukanlah konsol yang terhitung “murah” jika disandingkan dengan dalamnya kantong rata-rata gamer Indonesia. Jika pertanyaan seperti ini yang Anda ajukan, maka Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum akhirnya memutuskan apakah Anda akan melompat dan ikut masuk dalam gelombang tren yang ada atau tidak.
Perhatian yang paling pertama, tentu saja masalah game. Sebagai sebuah konsol dengan umur yang “sangat muda”, game eksklusif yang ditawarkan oleh Playstation 4 saat ini memang masih terhitung minim. Dengan range harga sekitar 7 jutaan rupiah, hanya dua game yang benar-benar memaksimalkan kemampuan Playstation 4 dan memperlihatkan citra next-gen yang kuat: Killzone – Shadow Fall dan NBA 2K14. Jika Anda tidak tertarik untuk memainkan salah satu dari kedua game tersebut, maka Anda tidak harus membeli Playstation 4 saat ini. Akan jauh lebih bijak jika Anda menunggu hingga game yang benar-benar Anda inginkan dirilis terlebih dahulu,baru membeli konsol yang ada. Mengapa? Karena di setiap penantian seperti ini, Anda berkesempatan menikmati harga Playstation 4 yang akan mungkin lebih murah dibandingkan harga rilis perdana. Dengan potensi bundle dan atmosfer perangkat lunak yang lebih stabil, penantian Anda akan berbuah manis.
Perhatian kedua? Tentu saja budget yang harus Anda keluarkan dari kantong jika berhasil mendaratkan Playstation 4 ini di ruang bermain Anda. Dengan game yang masih ditawarkan di range harga sekitar Rp 650 – 750 ribu/keping, Anda juga harus memastikan dompet Anda cukup tebal untuk membeli seabgian besar game eksklusif dan third party menarik untuk konsol next-gen Sony ini, yang akan cukup membludak di tahun 2014. Jangan sampai Anda terjebak dengan satu game saja selama kurun waktu dua tahun karena tidak mempertimbangkan hal ini terlebih dahulu.
Playstation 4 adalah sebuah konsol yang potensial, tidak ada yang bisa membantah hal tersebut. Namun dengan harga yang terhitung cukup mahal saat ini, ada baiknya Anda menunggu hingga konsol ini benar-benar terasa “worth” untuk dibeli, terutama ketika game yang sudah lama Anda nantikan akhirnya dirilis ke pasaran atau sudah memiliki budget cukup untuk memfasilitasi pembelian game yang lain.

Kesimpulan

Playstation 4 - JagatPlay
Playstation 4 adalah pembuka generasi gaming baru yang manis, lewat semua keunggulan yang ia tawarkan, yang tentu saja lebih sempurna dibandingkan sang generasi sebelumnya. Potensi yang ia hadirkan cukup untuk menenangkan para pemiliknya untuk masa depan gaming yang cerah, apalagi lewat konsistensi Sony untuk terus berpihak pada kepentingan gamer. The future is here..
Sebagai sebuah platform baru, Sony berhasil membuktikan dengan jelas bahwa Playstation 4 akan membawa pengalaman gaming usernya dengan atmosfer generasi terkini. Kita tidak hanya membicarakan kualitas visual setiap game yang kini terlihat memesona, tetapi juga dari desain “futuristik” nan minimalis yang ia tawarkan di sana. Penyempurnaan Dualshock 4 yang kini hadir jauh lebih ergonomis membuat pengalaman ini lebih nyaman, bahkan untuk genre “mimpi buruk” seperti FPS dan third person shooter yang cukup dihindari di Playstation 3 tempo dulu. Kemampuan yang luar biasa, Sony juga berusaha mengidentifikasikan Playstation 4 sebagai sebuah konsol “sosial”, dimana Anda sangat dipermudah untuk berbagi beragam konten yang tengah Anda mainkan via media sosial utama. Game yang ditawarkan mungkin masih minim secara kuantitas, namun Anda bisa melihat potensi yang menjanjikan di masa depan.
Secara garis besar, Playstation 4 terlihat begitu solid, baik dari sisi performa, desain fisik, maupun fitur yang ditawarkan. Satu hal yang ia butuhkan saat ini hanyalah limpahan game-game berkualitas yang memang mampu mengoptimalkan potensi yang ia bawa. Karena harus diakui, Anda tidak punya banyak alternatif saat ini. Sony memang menjanjikan beberapa judul eksklusif dalam beberapa bulan ke depan, seperti Yakuza: Ishin, Driveclub, dan Infamous: Second Son. Playstation 4 akan terlihat jauh lebih menarik jika game-game tersebut akhirnya dirilis ke pasaran.

Playstation 4 adalah pembuka generasi gaming baru yang manis, lewat semua keunggulan yang ia tawarkan, yang tentu saja lebih sempurna dibandingkan sang generasi sebelumnya. Potensi yang ia hadirkan cukup untuk menenangkan para pemiliknya untuk masa depan gaming yang cerah, apalagi lewat konsistensi Sony untuk terus berpihak pada kepentingan gamer. The future is here..

0 komentar:

Posting Komentar

DAPAT CONSOLE GRATIS DISINI

Get a Free Xbox 360 from Xpango - click here