Kamis, 19 Desember 2013

Sabun Antibakteri Bahayakan Kesehatan?

New York : Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) belum lama ini mengeluarkan pernyataan mengejutkan. Menurutnya, bahan kimia antibakteri pada sabun mandi ataupun sabun cuci sama sekali tidak membantu mencegah penyebaran kuman dan justru dapat menimbulkan risiko kesehatan.
Untuk itu, seperti dikutip laman News, Selasa (17/12/2013) FDA mengatakan akan meninjau kembali keamanan bahan kimia seperti triclosan yang menurut para ahli dapat mengganggu kadar hormon dan memicu pertumbuhan bakteri yang resistan terhadap obat.
Tak hanya itu, pemerintah Amerika juga saat ini mengharuskan produsen untuk membuktikan bahwa sabun antibakteri lebih aman dan lebih efektif daripada air saja. Jika perusahaan tidak dapat menunjukkan keamanan dan efektivitas produk, maka produsen mungkin akan dicabut izin edarnya.
Sementara direktur pusat obat FDA, Dr Janet Woodcock mengatakan, bahan kimia seperti triclosan umumnya terdapat pada produk-produk kebersihan pribadi termasuk pisau dapur, mainan, dot dan pasta gigi.
Beberapa ilmuwan khawatir, bahan kimia dapat mengganggu hormon pada manusia, meningkatkan risiko infertilitas, pubertas dini dan masalah perkembangan hormon lainnya. Ahli lainnya khawatir bahwa penggunaan rutin bahan kimia antibakteri seperti triclosan bisa membuat antibiotik tidak efektif.

0 komentar:

Posting Komentar

DAPAT CONSOLE GRATIS DISINI

Get a Free Xbox 360 from Xpango - click here